Translate

Jan 10, 2013

contoh kasus database perpustakaan


Pada sebuah Taman Bacaan Anak-Anak terdapat sistem pendaftaran peminjam, peminjaman buku dan pengembalian buku sebagai berikut :
Untuk sistem pendaftaran peminjam, pemilik Taman Bacaan akan meminta data peminjam buku berupa nama dan alamat peminjam.  Data tersebut dituliskan pada buku Daftar Peminjam Buku (DPB).  Pada daftar peminjam tersebut, selain terdapat nama dan alamat peminjam, juga terdapat data mengenai tanggal masuk peminjam tersebut sebagai anggota Taman Bacaan tersebut.   Setelah diterima sebagai anggota Taman Bacaan tersebut, maka peminjam baru boleh meminjam buku.
Dalam sistem peminjaman buku terdapat aturan-aturan sebagai berikut :
  1. Peminjam harus terdaftar sebagai anggota atau mempunyai nomor anggota
  2. Masa waktu peminjaman hanya boleh 7 hari, jika melebihi jangka waktu tersebut, akan dikenakan denda Rp 100,-/hari untuk setiap buku yang terlambat dikembalikan.
  3. Buku yang dipinjam oleh anggota (berada di pihak anggota) maksimal 10 buku
Apabila persyaratan telah dipenuhi, maka pemilik akan mendata buku tersebut dan dituliskan pada Buku Peminjaman Buku (BPB) yang dituliskan mengenai nama peminjam, nama buku dan tanggal pinjam.  Juga dituliskan mengenai tanggal buku tersebut harus dikembalikan.
Untuk sistem pengembalian buku adalah petugas Taman Bacaan akan memeriksa pada BPB dan dilihat tanggal berapa buku tersebut harus diterima.  Apabila ternyata buku tersebut terlambat dikembalikan , petugas Taman Bacaan akan menagih jumlah uang sesuai dengan perhitungan yang ditagihkan langsung pada saat itu juga.  Apabila denda telah dibayarkan, anggota dapat meminjam buku lagi.
Langkah pertama kita perlu analisa dan cermati narasi di atas, tentukan yang menjadi external entity, proses, data store serta data yang mengalir poda flow.
Lalu kita perlu membuat conteks diagram nya…
masukan proses lalu klik kanan pilih decompose process, masukan dua entity.
Gambar
Selanjutnya kita buat DFD lvl 0 terlebih dahulu, klik kanan pada prosessistem perpustakaan dan pilih open diagram.
Kita lihat ada berapa proses inti pada narasi di atas,
dan ternyata pada sistem perpustakaan di atas ada 3 proses yang bisa di jadikan level 0, yang pertama pendaftaraan anggota baru yang kedua adalah proses peminjaman, dan yang ketiga adalah proses pengembalian.
Dan buat sepertyi di bawah, dan jangan lupa decopmpose kembali tiap proses di  dio bawah untuk membuat DFD lvl 1
Gambar
Setelah itu open diagram proses pendaftaran anggota baru, teliti lagi ada berapa proses pada pendaftaran anggota baru, dan kurang lebih dfd nya seperti di bawah ini
Gambar
Kembali pada lvl 0 dan open diagram pada proses peminjaman, seperti halnya pada pembuatan dfd untuk proses pendaftaran anggota baru kitra lihat ada berapa proses atau transaksi yang terjadi pada saat peminjaman buku berlangsung.
kurang lebih seperti ini hasilnya
Gambar
Kembali pada lvl 0 dan open diagram pada proses pengebalian, seperti halnya pada pembuatan dfd untuk proses pendaftaran anggota baru dan peminjaman kita lihat ada berapa proses atau transaksi yang terjadi pada saat pengembalian buku berlangsung.
kurang lebih seperti ini hasilnya
Gambar

0 komentar:

Post a Comment