Translate

Jan 10, 2013

Contoh Normalisasi


Sebelum saya menampilkan contoh normalisasi basis data dari kwitansi RS, ada baiknya kita review kembali mengenai teori dasar normalisasi berikut ini:
1. Normalisasi merupakan salah satu teknik perancangan basis data selain ERD (Entity Relationship Diagram)
2. Inti dari normalisasi itu sendiri yaitu untuk menghasilkan struktur tabel yang normal/baik.
3. Jadi normalisasi itu adalah sebuah cara untuk memisahkan / memecah tabel yang mengalami redudansi data ke  dalam tabel dua entitas / tabel atau lebih .
Tahapan-tahapan normalisasi:
1. Unnormalisasi
2. Normalisasi 1 (1 NF)
3. Normalisasi 2 (2 NF)
4. Normalisasi 3 (3 NF)
Berikut adalah dokumen dasar berupa kwitansi dari Rumah Sakit yang akan saya coba normalisasi:
kwitansi_rs
TAHAPAN NORMALISASI UNTUK KWITANSI RS:
1. UNNORMALISASI (TIDAK NORMALISASI/UNNORMALIZE)
unnormalisasi_rs
2. NORMALISASI PERTAMA (1 NF)
1nf_rs
3. NORMALISASI KEDUA (2NF)
2nf_rs
4. NORMALISASI KETIGA (3 NF)
3nf_rs
Nah..untuk kasus-kasus yang sederhana seperti contoh diatas, tahapan normalisasi rata-rata cuma sampai pada tahapan normalisasi ketiga, karena sudah menghasilkan tabel yang normal.
Untuk memastikan kebenaran isi tabel dan hubungan antar tabel, kita harus melakukan pengujiann data. Caranya lakukan saja relasi tabel dari tabel-tabel yang sudah berhasil kita pecah. Bila tidak ada hubungan antar tabel maka dapat dikatakan perancangan suatu basis data yang kita lakukan itu adalah ‘gagal’.
Atau untuk lebih meyakinkan kita, coba hasil dari perancangan tsb praktikan pada salahsatu DBMS, kemudian rencanakan kebutuhan informasi yang akan kita ambil dari database tersebut, field-field apa saja yang akan kita tampilkan, kemudian buatlah query untuk menampilkan field-field yang kita inginkan tersebut….Selamat mencoba :D
Akhir kata, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya wabilkhusus bagi diri saya sendiri, mohon maaf bila ada penjelasan yang kurang dimengerti dan saya mengharapkan saran dan koreksi dari rekan-rekan semua para blogger maupun para pecinta IT karena semakin banyak saran dan koreksi maka semakin memperkaya pengetahuan kita tentang suatu ilmu…sampai ketemu lagi di tulisan-tulisan selanjutnya….Bye..Bye….

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai normalisasi data, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5392/1/PPT%20WEW.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete