Translate

Jan 3, 2013

Pengertian Blender

Blender adalah program visualisasi 3D yang mempunyai fitur cukup lengkap. Kalau anda tidak asing dengan 3DS MAxMayaCinema 4D atau aplikasi 3d lainnya, maka anda akan mempunyai gambaran tentang apa itu blender. karena kurang lebih fungsinya sama saja.

kalau anda belum mengerti juga fungsi blender (cape deh....^_^), coba perhatikan gambar-gambar dibawah ini:

belajar blenderbelajar blenderbelajar blender


ya, seperti itulah yang bisa anda buat di blender. membuat karakter, animasi maupun simulasi bisa dibuat dengan program blender ini. Dan yang lebih hebat  lagi, blender ini gratis..!! anda bisa langsung mendownloadnya dari situs blender.org tanpa bayar, registrasi dan tetek bengek lainnya... 

Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur, ilustrator, dan masih banyak lagi karena blender mempunyai fitur yang sangat lengkap. mulai dari modeling, rendering, 
sebenarnya, dalam produksi dibutuhkan beberapa package: modeling, tekstur, animasi dan kompusiting. dan, blender mempunyai fitur yang dibutuhkan.

1. Modeling. modeling adalah proses pembuatan objek 3D dengan teknik tertentu.
2. Rigging. Rigging adalah metode pemberian/pemasangan kerangka pada objek untuk selanjutnya di animasikan.
3. Texturing. Texturing adalah proses pemberian gambar tertentu pada permukaan objek agar terkesan lebih realistis.
4. Simulasi. Dengan menggunakan fitur simulasi ini, anda akan bisa membuat objek berinteraksi dengan objek lainnya seperi dunia nyata. tabrakan, berat, elastisitas dan kekuatan bisa anda atur sedemikian rupa. selain itu, andapun bisa membuat animasi air, api maupun asap dengan simulasi ini...
Rendering. rendering adalah proses review pada scene. hasil dari pemberian tekstur, cahaya dan lainnya pada scene akan terlihat ketika dirender.
6. Compositing. compositing adalah proses penggabungan. inilah kelebihan blender dari program 3D lainnya, yaitu mempunyai fitur composting.
7. Game Creator. anda bisa membuat game dengan fitur ini.



Ok, mungkin hanya itu yang bisa saya tulis mengenai blender. sebenarnya masih banyak fitur yang belum saya sebutkan. untuk itu, anda bisa mempelajarinya sendiri. Silahkan download di Blender.org dan jangan lupa baca dulu syarat-syarat spesifikasi dan sistem operasinya dulu.

oh, ya..kalau anda pertama kali membuka blender, anda akan sedikit bingung karena blender sangat banyak mempunyai tombol. ya, anda tidak perlu menghapal semua nama dan fungsi tombol tersebut. sebab, semakin seringnya anda menggunakan blender, maka andapun akan tahu fungsi masing masing tombol.

Moga bermanfaat.....

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Blender', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1019/1/11107194.pdf
    terimakasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete